Kamis, 10 Februari 2011

LOGAM-LOGAM BERBAHAYA BAGI TUBUH MANUSIA


Bareng - Logam berbahaya ada yang di butuhkan oleh tubuh tapi jika berlebihan akan mengganggu kesehatan manusia. Merupakan suatu zat kimia yang bisa terdapat pada makanan. Kehadirannya biasanya dari alat-alat yang di pergunakan ketika mengolah makan. Yaitu alat-alat yang terbuat atau di lapisi dengan bahan-bahan kimia tersebut maupun dari cara-cara penanganan lainnya. Juga kadang-kadang terdapat pada alat-alat rumah tangga yang terbuat dari logam stanless seperti sendok yang di lapisi timah, mangkok keramik yang dapat mengeluarkan Pb dan lain-lainnya.

  1. Arsens (As)
  2. Arsens adalah salah satu zat kimia yang sering terdapat pada makan, minuman, dan kosmetik. Arsens dapat merusak ginjal, jika keracunannya kuat sekali. Senyawa arsens sulit dideteksi karena tidak memiliki rasa yang menonjol.

  3. Pb ( Timah Hitam)
  4. Timah hitam biasanya terdapat pada makanan, air dan obat-obatan terutama apabila kemasannya menggunakan unsur timah. Bersifat kumulatif artinya keracunan dapat timbul bila kadar Pb menumpuk dalam tubuh bahkan dapat mengakibatkan kematian. Gejala yang timbul jika terjadi keracunan Pb adalah, muntah-muntah secresi menyerupai susu, nyeri perut yang sangat hebat.

  5. Hg (Mercuri)
  6. Keracunan Hg timbul antara lain pada mulut dan pharyax yaitu terdapat bercak-bercak warna abu-abu. Keadaan ini di sertai perasaan nyeri, sehingga sering timbul keluhan rasa sakit pada mulut dan lambung. Racun ini dalam konsentrasi tinggi dapat menyebakan kematian karena colaps pembuluh darah.

  7. Cu ( Cupper)
  8. Adaya Cu pada makanan ini di sebabkan terutama karena penggunaan insektisida dan pestisida didalam usaha-usaha pertanian. Cu yang masuk dalam mulut akan merusak ginjal, hati dan saraf pusat. Gejala- gejala yang nampak adalah hawa mulut berbau, kerongkongan dan perut kering, rasa ingin mutah atau diare terus menerus selama berhari-hari, pusing dan demam.

  9. Cd ( Cadmium)
  10. Cadmium biasanya terdapat pada tempat wadah makan olahan, pemakaian cadmium ini sudah mulai dilarang karena dapat menyebakan makanan kaleng kena hama cadmium. Konsumsi cedmium ini dalam kadar 30% mg dapat meracuni dan dapat menyebakan kerusakan ginjal dan hati.

Sumber : Berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar