Kamis, 10 Februari 2011

TIPS MEMILIH AYAM SEGAR


Ngopi Bareng - Banyak oknum pedagang ayam potong yang melakukan kecurangan untuk membuat ayam jualannya seperti ayam segar. Di antaranya menggunakan zat formalin bahkan ada juga yang menjual ayam tiren ( mati kemaren). Tentunya dengan kita mengkonsumsi ayam yang sudah tercampur dengan zat berbahaya pastinya sunguh tidak menyehatkan bagi tubuh kita dan apabila itu terjadi terus menerus pada tubuh kita yang nantinya akan mengendap dalam tubuh dan akan meyebabkan kerusakan organ tubuh bahkan dapat menimbulkan kematian. Untuk itu ada beberapa tips untuk memilih daging ayam yang segar agar kita terhidar dari oknum pedagang yang hanya mengejar untung semata, tanpa memikirkan resiko yang akan didapatkan oleh konsumen di antaranya yaitu:

  1. Warna daging ayam yang segar berwarna putih kekuningan dan untuk daging ayam yang tidak segar agak kebiruan.
  2. Warna lemak, putih kekuning-kunigandan dan merata di bawah kulit.
  3. Baunya segar khas daging bukan bau busuk.
  4. Elastisitas daging, bila di tekan akan cekung namun segera kembali seperti semula. Daging ayam yang tidak segar biasanya lengket dan berlendir pada beberapa bagian seperti bawah sayap, petatauan antara kaki dan badan, dan dagian atas ekor.
  5. Tidak ada tanda memar atau kebiruan yang tidak biasa. Daging ayam yang tidak segar, biasanya di bagian sayapnya berwarna gelap.
Selamat mencoba, , , ,

Sumber : Berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar