Rabu, 02 Februari 2011

SEPULUH LANGKAH MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

Ngopi Bareng - Begadang merupakan sikap hidup yang harus kita hidari, apa lagi bila esok harinya kita harus pergi kekantor ataupun kekampus. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang untuk begadang, diantaranya adalah susah tidur. Maka dari itu ada beberapa tips yang anda patut coba untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Diantaranya:
  1. Coba menghitung undur dari angka seratus ke bawah untuk menurukan konsentrasi otak secara alamiah.
  2. Lakukan aktivitas membaca buku sebelum tidur. Sebaiknya baca novel romantis. Baca dalam hati dalam suasana tenang sehingga otak lelah.
  3. Hindari penggunaan obat setimulan yang menyebabkan tingkat kewaspadaan menjadi tinggi.
  4. Hidari makanan dan minuman yang mengandung alkohol, Kafein (kopi), the, serta nikotin (rokok). Konsumsilah makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin B dan kalsium.
  5. Hindari tidur dalam kondisi perut kosong. Makan malam sebaiknya dua jam sebelum tidur sehingga perut tidak penuh karena metabolisme makanan membutuhkan waktu setidaknya enam jam.
  6. Lakukanlah relaksasi otot agar tidak tegang. Relaksasi itu dapat diiringi dengan alunan musik yang menenangkan. Olahraga teratur berguna untuk melepaskan semua beban pikiran akibat pekerjaan rutin.
  7. Aturlah suasana tempat tidur agar menjadi nyaman, matikan lampu jika perlu, kecuali anda suka cahaya redup.
  8. Jangan mengkosumsi obat tidur secara sembarangan. Penggunaan obat tidur harus dengan konsultasi dokter karena tidak semua obat tidur cocok dengan kondisi setiap individu.
  9. Sisakan waktu luang untuk bersenang-senang untuk meredakan beban pikiran. Main musik, menyayi, atau berkaraoke, bercanda dengan kerluarga atau orang terdekat.
  10. Berpikir positif, jangan mudah mencurigai orang, dan mendekatkan diri kepada tuhan agar pikiran tenang, dan terhidar dari rasa cemas, takut dan depresi.
Selamat mencoba, , , ,

Sumber : Berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar