Minggu, 09 Januari 2011

Fieldtrip Ke PT Yakult Indonesia Persada

Mahasiswa Agribisnis 2008 UIN Jakarata bikin ”kegilaan” sambil mencari ilmu tambahan lagi. Kali ini lokasi yang menjadi sasaran kehausan pencarian Ilmu anak-anak Aribisnis 2008 adalah sebuah perusahaan minuman susu fermentasi, yitu PT Yakult Indonesa Persada yang terletak di daerah Sukabumi. Kunjungan ini dilakukan Rabu tannggal 24 Nonember 2010, kurang lebih dua bulan yang lalu. Banyak ilmu yang kami dapatkan dari perusahaan asal Jepang ini dari mulai bahan bakunya, Pengolahan, Pengemasan, sampai pendistribusian Produknya.
Ya, walaupun kami datang tidak sesuai dengan waktu yang kami sepakati, hal itu tidak membuat PT Yakult mengurangi jamaua-nnya kepada kami, bahkan menurut kami itu sudah lebih dari cukup. Kamipun dipersilakan masuk untuk meliahat sebuah proses pembuatan minuman yang dimana perosesnya di bantu oleh bakteri baik, yaitu bakteri L.casei Shirota strain yang berfungsi menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus. Tidak terasa 2 Jam setengah telah kami lewati di pabrik yang luasnya ± 4 hektar itu. Sebelum kami melanjutkan acara bebas yang sudah di tunggu - tunggu oleh kami semua, pasukan hijau ini tidak lupa untu menyempatkan diri ber-narsis-narsisria sambil memasang wajah anehnya masing-masing di depan perusahaan pelopor minuman susu kesehatan pertama itu. Bak seorang model mereka “begaya” menujukan ekspresi kegembiraan mereka, seolah mereka lepas dari belenggu penderitaan.
Setelah itu rombonganpun bergegas untuk menaiki bis meninggalkan tempat tersebut, untu melanjutkan acara yang mungkin sudah di tunggu oleh kami semua dari pagi tadi, yaitu acara bebas plus menikmati santap siang yang sudah mulai dingin nasi dan lauknya. ( Mungkin karena mobil bisnya AC kaliya jadinya dingin Heeheehe,,,,). Dengan tujuan yang sudah di sepakati sebelumnya, ternyata di tengah jalan tujuan semula itu batal. Entah, apa yang membuat rencana itu batal, akan tetapi pasukan hijau ini tidak habis akal. Dengan segera mereka membuat rapat dadakan di bis untuk merencanakan Plen B. Dengan pimpinan rapat oleh sudara Rusdi dan Uti mereka segera memulai rapat dengan hikmad. Akhirnya setelah perdiskusian yang cukup alot dan menyita waktu yang cukup banyak kesepakatan tujuan barupun tercipta, yaitu dengan tujuan kebon raya Bogor.
Singkat cerita kamipun sampai di tempat plen B dan segera turun dari bis sambil membawa santap siang masing-masing yang telah di bagikan. Setelah santap siang usai kamipun berpencar kesegara arah, kami berjalan dengan tujuan masing-masing. Dan kumpul kembali sesuai waktu yang di sepakati. Tak terasa waktu bergulir dengan cepatnya jam di bis pun menunjukan saatnya kembali kerumah masing-masing. Kami pun bergegas untuk kembali, dengan raut wajah yang sudah penuh dengan debu dan tubuh lemas, kami satu persatu naik ke bis. Pak supirpun dengan perlahan dan penuh keyakinan meninggalkan tepat tersebut. Dengan kemabalinya kami ketempat asal maka berakhirlah cerita pencarian ilmu kali ini. Semoga ilmu yang kami peroleh dapat bermanfaat di masa yang akan datang. Amin…

0 komentar:

Posting Komentar